Tips dan Trik Budidaya Ikan Hias Komet Yang Menguntungkan

Advertisement
Budidaya ikan hias komet pastinya harus memiliki tips dan trik yang khusus dalam memeliharanya. Ikan mas komet atau lebih sering disebut dengan ikan komet ini memang berbeda dengan ikan yang lainnya hal ini disebabkan karena seluruh tubuh ikan komet ditutupi oleh sisik yang berwarna. Cina merupakan salah satu yang membudidayakan ikan mas komet pertama kali. Ikan komet memiliki bentuk tubuh yang sangat ramping tapi pada dasarnya ikan komet mempunyai bentuk badan sama dengan ikan koki. Berikut ini cara budidaya ikan komet secara mudah.

Metode Persiapan Wadah Untuk Pembenihan Dalam Budidaya Hias


Wadah yang digunakan untuk membudidaya ikan mas komet dilakukan di dalam akuarium yang berbentuk persegi panjang dengan ukuran  60x40x40 cm. Sebelum akuarium di isi ikan komet alangkah baiknya dibersihkan terlebih dahulu akuariumnya dengan cara mencuci akuarium dengan air sabun kemudian bilas akuarium dan jemur akuarium supaya kuman dan bakteri tidak melekat pada akuarium. Air yang digunakan untuk pengisian ke dalam akuarium merupakan air yang bersih dan steril supaya ikan komet terhindar dari berbagai macam penyakit.

Kalian juga bisa memakai air sumur yang sudah diendapkan sekitar 1 hari ke dalam akuarium supaya zat racun yang ada di dalamnya hilang. Selanjutnya, isikan akuarium dengan air kira kira setinggi 30 cm kemudian lakukan aerasi. Tambahkan tanaman air ke dalam akuarium yang berfungsi sebagai media tempat ikan komet bertelur. Tanaman air yang bisa dimasukkan ke dalam akuarium seperti tanaman enceng gondok dan tanaman lain sejenisnya. Kenapa harus menambahkan enceng gondok ke dalam akuarium? Karena ikan komet tidak akan memelihara telurnya sendiri.

Pemilihan Induk


Langkah budidaya ikan komet selanjutnya adalah memilih induk yang bagus. Cara yang paling tepat dalam pemilihan induk ikan komet dengan memilih induk komet yang sudah masak gonad. Tentunya kalian harus bisa cara membedakan indukan betina dan jantan ikan komet sebelum membudidayakan ikan ini. Berikut ciri ciri dan perbedaan ikan komet betina dengan ikan komet jantan.
Tips budidaya ikan komet

Induk Betina


Induk betina ikan komet memiliki bintik bintik pada bagian sirip dada dengan tekstur yang halus ketika diraba. Apabila ikan komet betina dipijat, maka pada induk betina ini akan mengeluarkan cairan warna kuning bening. Untuk induk betina yang sudah matang, perut ikan komet betina akan terasa lembek dan pada lubang genital komet betina berwarna merah.

Induk jantan


Bintik yang berbentuk bulat serta menonjol pada bagian sirip dada muncul pada ikan komet jantan. Selain berbentuk bulat, bintik ini juga bertekstur kasar ketika diraba. Dan apabila diurut indukan gomet jantan akan mengeluarkan cairan warna putih.

Tahap Pemijahan


Tahap pemijahan ikan gomet bisa menggunakan induk dengan rasio 1:2 dimana, jumlah indukan jantan koi sebanyak 1 ekor yang mempunyai bobot 93,28 gram. Sedangkan indukan betina berjumlah 2 ekor yaitu ikan komet. Berat atau bobot ikan betina yang pertama sebesar 72,96 gram sementara bobot ikan gomet betina yang kedua 42,97 gram. Cara melakukan pemijahan ikan gomet bisa dilakukan dengan cara memasukkan indukan yang sudah dipilih ke dalan akuarium yang telah di isi air bersih. Kemudian masukkan tanaman air enceng gondok ke dalamnya yang berfungsi sebagai substrat (tempat menempelnya telur ikan komet). Pemijahan biasanya terjadi di malam hari hingga pagi hari. Indukan ikan gomet bisa dimasukkan ke dalam akuarium pada sore hari.

Penetasan Telur


Telur ikan komet biasanya akan menetas dan terlihat disaat telur ikan komet sudah melekat di tanaman enceng gondok. Angkatlah telur telur ikan komet tadi sesudah nenetas kira kira 2-3 haridari tahap pemijihan. Hal ini dilakukan karena ikan komet ternasuk ikan hias yang tidak mau merawat telurnya. Jadi , demikian tahapap budidaya ikan hias komet yang menguntungkan. Baca juga Langkah-Langkah Cara Budidaya Ikan Komet Dengan Mudah

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips dan Trik Budidaya Ikan Hias Komet Yang Menguntungkan