Penyebab dan Cara menghilangkan bau air sumur

Air sumur yang berbau sangat menggaggu aktifitas sehari hari anda. Hal ini merupakan salah satu kendala pada air sumur selain air sumur yang berwarna dan berkapur. Apalagi ke daerah tempat tinggal anda tidak sampainya aliran air PDAM apalagi aliran air sungai. Keputusan membuat sumur sendiri memang hal yang sangat harus dilakukan mengingat akan kebutuhan air di rumah untuk beraktifitas. Walaupun bau air sumur bisa terjadi di semua jenis sumur, namun timbulnya bau air sumur lebih sering terjadi pada sumur konvensional.

Sebelum kita membahas cara menghilangkan bau air sumur, ada beberapa hal yang yang menjadi penyebab air sumur galian dan sumur bor berbau tidak enak.

Penyebab air sumur bau.


Banyak sekali hal yang dapat menyebabkan bau air sumur. Yang pertama, ada sumur yang bau Karena air dari sumbernya memang mengandung bahan-bahan atau unsur yang menyebabkan air berbau. Sebagai contoh pada umumnya air sumur bau mengandung zat besi (fe) sehingga menyebabkan air sumur berbau amis. Bau air sumur yang memiliki kandungan logam besi biasanya akan bersifat permanen. Kecuali, kandungan zat yang menimbulkan bau ini telah habis. Yang kedua bau air sumur Karena sumber air tercemari oleh bahan pencemar di sekitarnya. Ini sering terjadi pada sumur yang lokasinya berdekatan dengan sungai atau got di aliri buangan limbah pabrik walaupun air sumurnya bersih. Bau seperti ini biasanya hanya terjadi sementara namun akan terulang lagi. Yang ketiga bau air sumur Karena adanya aktivitas bakteri dan atau “benda asing” yang masuk ke dalam sumur. Bau air sumur ini disebabkan karena adanya pembusukan bakteri biasanya adanya bangkai (seperti bangkai tikus) yang membusuk di dalam sumur. Bau ini biasanya hanya bersifat sementara dan hilang dengan sendirinya.

Cara menghilangkan bau air sumur dan penyebabnya


Setelah kita membahas tentang beberapa hal yang menjadi penyebab bau air sumur. Sekarang, kita akan membahas bagaimana cara menghilangkan bau air sumur dengan efektif.

Air berbau busuk.

Air sumur yang berbau busuk bisa jadi karena berasal dari air yang merembes dari sekitar sumur yang masuk ke dalam sumur. Hal ini bisa terjadi mungkin karena adanya bagian sumur yang bocor. Makanya jangan menggali sumur di dekat aliran atau genangan air yang berpolusi seperti membangun sumur di samping wc, got dan aliran limbah sampah. Solusi cara mengatasi ini adalah dengan cara membangun beton atau bata di dinding sumur supaya polusi air limbah tidak bisa masuk ke dalam sumur.

Kemungkinan air bau busuk lainnya yang bisa terjadi adalah masuknya binatang seperti tikus ke dalam sumur yang mati dan membusuk di dalamnya. Cara menghilangkan air sumur bau bangkai tikus akan dibahas dibawah.

Air berbau lumpur

Air berbau lumpur diakibatkan karena adanya endapan lumpur yang sudah lama di dalam sumur biasanya terjadi pada sumur tua yang sudah tidak layak pakai. Cara mengatasi air sumur berbau lumpur dapat dilakukan dengan menguras air sumur sampai bersih secara berlaka sampai habis.

Air berbau besi

Apabila air berbau besi kemungkinan pertama adalah karena pipa besi anda sudah berkarat. Jika memang benar pipa anda sudah berkarat, maka gantilah pipa besi anda dengan pipa yang baru.

Kemungkinan lainnya yang menyebabkan air berbau besi adalah karena kandungan zat besi disebabkan oleh kedalaman sumur yang sangat dangkal. Hal ini bisa diatasi dengan menggali sumur lebih dalam lagi.

Sesudah anda mengetahui penyebab dan cara untuk menghilangkan bau air sumur, selanjutnya anda bisa menambahkan kapur tohor untuk mempercepat penjernihan air. Setelah menambahkan kapur tohor, pertama air akan terlihat berwarna keputihan namun akan mneghilang dengan sendirinya.

Selain itu untuk menjernihkan air anda juga dapat memasang bulu dari pohon rumbia di dasar sumur tempat keluarnya sumber mata air agar air sumur jernih.

Cara menghilangkan air sumur bau semen pada sumur baru

Penyebab dan Cara menghilangkan bau air sumur

Pada sumur konvensional yang baru saja di pasang dinding semen akan terasa bau. Hal ini wajar saja terjadi pada sumur baru. Cara menghilangkan air bau semen pada sumur baru ialah dengan cara menggosokkan gedobok pisang pada dinding sumur semen lalu menguras air nya. Ulangi cara ini sampai bau semen menghilang.

Cara menghilangkan bau air sumur dengan tandon


Bagi anda yang memiliki tempat penampungan air tandon. Jangan bersusah hati untuk mengatasi bau air sumur. Setelah anda menampung air di tempat penampungan, masukkanlah abu soda atau kapur tohor ke dalamnya. Tunggu kira kira 30 menit maka akan muncul gumpalan hijau yang merupakan reaksi air dengan abu soda di dalam bak penampungan. Kemudian anda tinggal memasukkan kaporit dan menyaringnya.

Cara menghilangkan bau air sumur dengan bahan kimia


Menghilangkan bau air sumur dengan bahan kimia memang sangat tidak dianjurkan karena bahaya dapat menimbulkan efek samping ke tubuh kita jika kita pakai air sumur tersebut. Namun pada kali ini kami juga akan membagikan cara menghilangkan bau sumur yang disebabkan karena biologi menggunakan bahan kimia sebagai berikut

Perkirakan dan taksir volume air yang terdapat di dalam air sumur.

Untuk sumur konvensional ( sumur srumbung ) relatif lebih mudah bila dibanding sumur bor. Namun secara mendasar dapat digunakan rumus volume tabung untuk menghitungnya.


Siapkan larutan Sodium Hipoclhorit.

Anda bisa mendapatkan larutan sodium hipoclhorit dipasar. Biasanya dipasar dijual dengan harga dibawah Rp. 10.000 per liter.

larutan Hipochlorit ini terkadang disebut dengan kaporit cair. Larutan Sodium hipochlorit berfungsi sebagai oksidator kuat yang akan membunuh dan menghentikan aktivitas bakteri dalam air sumur. Larutan Sodium hipochlorit inilah yang merupakan bahan untuk menghilangkan bau pada air sumur.

Cara menjernihkan air sumur secara alami


Menjernihkan air sumur dengan secara alami sudah kita bahas diatas. Yaitu dengan cara memasukkan bulu pohon rumbia ke dasar sumur tempat sumber mata air keluar. Dan ada cara lain untuk menjernihkan air sumur secara alami yaitu dengan memasukkan arang batok kelapa yang dibungkus kasa plastik ke dalam dasar sumur. Gantilah arang batok selama 3 bulan sekali supaya air tetap jernih dan segar.

Demikian cara menghilangkan bau air sumur secara efektif dan cara menjernihkan air secara alami.
Facebook Comments