7 Cara menghilangkan sakit tenggorokan secara alami dan cepat

Advertisement
Banyak yang menganggap bahwa sakit tenggorokan merupakan sebuah hal yang sepele dan dianggap remeh. Padahal sakit tenggorokan merupakan sebuah penyakit yang sangat mengganggu aktivitas sehari-hari anda Bahkan jika anda berada di suatu tempat yang penuh dengan keramaian dan senyap, kita akan merasa malu dengan sendiri karena dapat mengganggu orang lain apabila sakit tenggorokan yang disertai dengan batuk batuk. Bayangkan saja Apabila Anda berada di dalam ruang yang sedang dilaksanakannya sebuah rapat dan ketika suasana hening dan bertepatan Anda mengalami sakit tenggorokan disertai dengan batuk-batuk yang keras, Betapa malunya anda pada saat tersebut. Oleh sebab itu maka anda harus mengetahui bagaimana cara menghilangkan sakit tenggorokan secara alami dan cepat supaya tenggorokan anda kembali segar dan bugar seperti semula.
7 Cara menghilangkan sakit tenggorokan secara alami dan cepat

Cara menghilangkan sakit tenggorokan secara alami bisa anda lakukan dengan obat-obatan tradisional ataupun herbal-herbal yang dapat meminimalisir efek samping daripada menggunakan obat-obatan yang dijual di Apotek yang belum jelas akan kesembuhannya. Semua cara menghilangkan sakit tenggorokan berikut juga harus dibarengi dengan kegiatan-kegiatan yang positif yang berkenaan dengan tenggorokan. Seperti halnya meminum air putih hangat sesering mungkin dan juga tidak memakan makanan sembarangan dan juga makanan yang berminyak ketika sakit tenggorokan anda alami. Karena apabila anda ingin menghilangkan sakit tenggorokan secara alami, namun anda malas untuk meminum air putih hangat dan juga masih sering untuk makan sembarangan apalagi makanan yang berminyak maka cara berikut akan sia-sia Anda lakukan. hanya akan membuang-buang waktu anda saja.

Berikut cara menghilangkan sakit tenggorokan secara alami dan cepat yang dapat anda praktekan di rumah namun alangkah baiknya jika sakit tenggorokan tanda sudah parah Anda harus konsultasi terlebih dahulu terhadap dokter yang ahli di bidang tenggorokan.

 1.  Madu dan lemon

Cara pertama untuk menghilangkan sakit tenggorokan yang patut Anda coba adalah dengan menggunakan madu dan lemon. Kebanyakan dari kita sudah mengetahui bahwa madu dan lemon mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan. salah satunya untuk menghilangkan sakit tenggorokan. Madu dapat membunuh bakteri yang lengket pada bagian tenggorokan anda sedang kami mohon dapat membersihkan tenggorokan anda dan menghindari terjadinya infeksi pada bagian tenggorokan.

Cara menghilangkan sakit tenggorokan menggunakan madu dan lemon sebagai berikut:

Siapkan terlebih dahulu buah lemon segar, madu dan air hangat. Kemudian iris tipis-tipis buah lemon ke dalam air hangat dan tambahkan beberapa sendok madu ke dalam air hangat sesuai dengan selera. Langsung minum larutan Air ini dalam keadaan hangat.

 2. Telur orak-arik

Cara menghilangkan sakit tenggorokan yang kedua adalah dengan menggunakan telur orak-arik. Telur orak-arik dapat digunakan untuk menghilangkan sakit tenggorokan dikarenakan mengandung banyak protein serta mineral yang dapat membantu tubuh anda memperoleh lebih banyak asupan nutrisi terutama ketika anda merasa lelah disebabkan oleh infeksi yang menyerang tenggorokan.

Cara menghilangkan sakit tenggorokan menggunakan telur orak-arik sangatlah mudah Buatlah telur orak-arik dan tambahkan sedikit garam dan minyak. Jangan menggunakan terlalu banyak minyak sehingga memperparah peradangan pada tenggorokan.

 3.  Tanaman alang-alang

Secara sekilas mungkin anda melihat tanaman ini sebagai tanaman tak ada gunanya. Ternyata tanaman alang-alang sudah banyak digunakan oleh orang sebagai obat herbal untuk berbagai macam penyakit. Sebagai contoh anda dapat menggunakan tanaman alang-alang untuk menurunkan hipertensi, melancarkan pembuangan air kecil, keputihan dan juga meredakan sakit tenggorokan.

Cara menghilangkan sakit tenggorokan menggunakan tumbuhan alang-alang sangatlah mudah. Siapkan satu genggam batang alang-alang yang sudah dibersihkan. Kemudian rebuslah batang alang-alang sehingga betul-betul mendidih. Setelah rebusan batang alang-alang mendidih, Minumlah air rebusan batang alang-alang sebanyak sehari sekali selama tenggorokan anda masih terasa sakit.

 4.  Kunyit

Siapa yang tidak tahu dengan salah satu bumbu dapur. Kunyit ternyata juga depan menyembuhkan sakit tenggorokan. Caranya sangat gampang, siapkan terlebih dahulu kunyit segar. Kemudian bersihkanlah hingga benar-benar bersih. Selanjutnya haluskan lah kunyit dan rebuslah halusan kunyit tadi sampai mendidih menggunakan air bersih. Setelah mendidih saringlah air kunyit tersebut dan minumlah selagi masih hangat. Jika anda tidak suka dengan rasanya Maka Anda dapat menambahkan gula Jawa atau daun salam untuk memper wangi aroma rebusan kunyit tersebut.

 5.  Permen

Permen merupakan cara yang paling mudah untuk menghilangkan rasa sakit di tenggorokan. Anda dapat menemukan berbagai macam permen dengan rasa yang anda sukai di warung-warung atau kios-kios terdekat. Namun permen yang harus dikonsumsi adalah permen yang mengandung Min atau jahe. Cara menghilangkan sakit tenggorokan menggunakan permen ini tidak dianjurkan dilakukan oleh anak-anak sebab kandungan Min dan jahe dalam permen tidak cocok untuk lidah anak-anak.

 6.  Cengkeh

Cara selanjutnya untuk menghilangkan rasa sakit di tenggorokan dapat dilakukan menggunakan cengkeh. Cengkeh sangat bagus digunakan karena dapat menghilangkan peradangan pada tenggorokan. Cara untuk menghilangkan sakit tenggorokan sejarah alami menggunakan cengkeh sangatlah mudah. Siapkan terlebih dahulu cengkeh kemudian rebuslah menggunakan air bersih hingga mendidih. Kemudian saring air cengkeh sehingga Anda mendapatkan rebusan air yang bersih. Anda juga dapat menambahkan gula jawa ataupun daun salam apabila anda ingin menambahkan aroma pada rebusan air cengkeh. Minumlah air rebusan cengkeh dalam keadaan hangat.

 7.  Belimbing

Buah belimbing ternyata juga dapat menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Dengan rasanya yang enak, Anda dapat dengan mudah menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Belimbing memiliki banyak sekali kandungan mineral dengan melembabkan tenggorokan apabila anda mengkonsumsi buah belimbing. Cara menghilangkan sakit tenggorokan menggunakan buah belimbing adalah dengan mengolah buah belimbing menjadi jus. Jangan tambahkan Ketika anda membuat jus belimbing. Hal ini disebabkan karena es dapat memperparah sakit tenggorokan. Anda juga dapat memakan buah belimbing begitu saja tanpa membuat jus. Pastikan anda mencuci buah belimbing dengan bersih sebelum anda memakan buah belimbing tersebut.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : 7 Cara menghilangkan sakit tenggorokan secara alami dan cepat

Ads336x280