Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut secara Alami

Advertisement
Jengkol atau jering adalah tumbuhan khas di wilayah Asia Tenggara, bangsa barat menyebutnya sebagai dog Fruit. Buah jengkol sendiri ternyata memiliki banyak sekali manfaat yang belum diketahui oleh masyarakat umum. Sayang sekali padahal buah ini cukup ampuh untuk menjaga kesehatan tubuh. Buah ini juga sering dihidangkan oleh masyarakat sebagai menu makanan atau lauk pauk utama. Bahkan dengan kreativitas masyarakat sekarang, jengkol juga dapat diolah menjadi keripik jengkol. Di balik keistimewaan yang dimiliki oleh jengkol yang mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan ternyata buah ini juga memiliki aroma yang sangat menyengat dan tajam. Terkadang banyak juga orang yang mengeluh untuk tidak memakan buah ini karena aromanya. Tak hanya menyebabkan bau mulut  Tetapi  juga menyebabkan  air seni anda menjadi bau. Hal ini disebabkan oleh adanya senyawa jengcolic acid atau asam jengkol.

Tahukah Anda bagaimana cara menghilangkan bau jengkol di mulut secara alami dan cepat. Bagi Anda yang sering makan jengkol mungkin sudah tahu bagaimana menghilangkan bau jengkol yang sangat menyengat ini. Tapi bagi Anda yang jarang-jarang makan buah jengkol, akan sangat kesulitan untuk menghilangkan bau yang tak sedap dari aroma buah jengkol. Berikut cara menghilangkan bau jengkol di mulut secara alami dan cepat supaya mulut Anda terasa segar dan wangi kembali.

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut secara alami

 1.  Mentimun

Banyaknya kandungan air yang dimiliki oleh mentimun akan membantu menyegarkan kembali mulut Anda setelah menyantap buah jengkol. Memakan buah mentimun ini sama halnya dengan anda meminum air putih sebanyaknya untuk menghilangkan bau jengkol di mulut Anda.

 2.  Mengunyah beras

Cara selanjutnya untuk menghilangkan bau jengkol di mulut anda adalah dengan mengunyah beras. Caranya Ambillah Segenggam beras kemudian kunyah beras tersebut hingga halus. Setelah beras tersebut terasa halus anda tidak perlu menelan berasnya. Tetapi anda dapat membuang beras yang telah dikunyah halus tersebut.

 3.  Mengunyah garam

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang ketiga ialah dengan mengunyah garam. Hal ini merupakan cara yang paling mudah untuk dapat menghilangkan bau jengkol di mulut. Caranya Ambillah sedikit garam kemudian kunyah garam tersebut. Memang terasa sangat asin dan kurang menyenangkan dengan mengunyah garam ini. Tetapi cara ini sangat manjur untuk menghilangkan bau jengkol. Dengan mengunyah garam air liur anda akan menetralisasi air liur baru dengan air liur yang lama yang berbau.

 4.  Memakan permen karet

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut yang keempat adalah dengan memakan permen karet atau permen mint. Permen karet atau permen mint dapat membantu mulut Anda terasa segar kembali setelah makan buah jengkol. Berbagai macam rasa permen karet berfungsi layaknya pencuci mulut dan menghilangkan kotoran yang menempel di bagian mulut atau pada gigi.

 5.  Mengunyah bubuk kopi hitam

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut
Bubuk kopi hitam  juga bisa menghilangkan bau jengkol di mulut. Dengan mengunyah bubuk kopi hitam Insya Allah bau jengkol yang menyengat akan hilang dengan sendirinya.

 6. Minum kopi

Selain dengan mengunyah bubuk kopi hitam untuk menghilangkan bau jengkol di mulut. Anda juga dapat Dengan meminum air kopi untuk menghilangkan bau jengkol ini. Bubuk kopi ternyata dapat menetralisir aroma jengkol di mulut. Untuk menghilangkan bau jengkol di mulut Anda bisa meminum kopi ini dengan cara tidak menambahkan gula ketika meminumnya. Yah Anda harus meminumnya dalam keadaan pahit untuk hasil yang maksimal.

 7. Meminum air susu

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut selanjutnya ialah Dengan meminum air susu. Hal ini disebabkan karena susu memiliki sifat Netral. Oleh karena itu susu dapat menetralkan bau jengkol di mulut sama dengan halnya larangan untuk meminum obat dengan air susu dikarenakan obat tidak akan berefek jika diminum bersamaan dengan susu. Insya Allah dengan kandungan senyawa allyl sulfida metil  yang ada di dalam susu akan menghilangkan aroma tak sedap dari buah jengkol.

 8.  Minum minuman yang bersoda

Cara menghilangkan bau jengkol di mulut secara alami selanjutnya ialah Dengan meminum air yang memiliki kandungan soda. Cara ini banyak disenangi oleh mereka pencinta minuman bersoda. Meminum minuman yang bersoda tidak hanya dapat menghilangkan dahaga saja namun juga dapat menghilangkan bau jengkol secara cepat.

 9.  Minum teh hijau

Cara terakhir untuk menghilangkan aroma tak sedap karena bau jengkol ialah dengan cara meminum secangkir teh hijau dengan kandungan polyphenols yang dimilikinya akan membantu menetralisir aroma tak sedap bau jengkol setelah anda memakannya.

Demikianlah beberapa cara untuk menghilangkan bau jengkol di mulut secara alami dan cepat yang dapat anda lakukan setelah memakan buah jengkol alangkah lebih baiknya anda menggosok gigi setelah memakan buah jengkol agar sisa-sisa buah jengkol tidak nyangkut di gigi gigi anda.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menghilangkan Bau Jengkol di Mulut secara Alami