Siapa yang menanggung beban pajak penghasilan? Perusahaan atau karyawan?

Advertisement
Di Amerika Serikat, pajak diambil dari jumlah yang diterima pekerja. Satu jenis pajak dikenal dengan nama FICA, kepanjangan dari Federal Insurance Contribution Act. Pemerintah negara bagian memakai perolehan dari FICA untuk membiayai jaminan sosial dan perawatan kesehatan, bantuan penghasilan dan program kesehatan untuk kaum lanjut usia. FICA adalah salah satu contoh dari pajak penghasilan ( pakak upah ), yaitu pajak terhadap gaji yang dibayarkan perusahaan pada karyawannya. Pada 2002, total pajak untuk kebanyakan pekerja adalah sekitar 15,3 persen dari pendapatan mereka.
Siapa yang menanggung beban pajak penghasilan?
Pajak
Menurut anda, siapa yang menanggung beban pajak penghasilan ini-perusahaan atau pekerja? Ketika kongres Amerika mengesahkan peraturan ini, mereka mencoba untuk membagi beban pajak. Menurut peraturan setengah dari pajak dibayarkan perusahaan dan setengah lagi dibayarkan oleh pekerja. Artinya setengah pajak dibayarkan dari pendapatan perusahaan dan setengan lagi diambil dari penghasilan pekerja. Jumlah yang tertera sebagai pengurangan dari slip gaji adalah kontribusi pekerja.

Analisis kita terhadap pembagian beban pajak memperlihatkan pembuat kebijakan tidak dapat dengan mudah menentukan pembagian beban pajak. Sebagai gambaran, kita dapat menganalisis pajak penghasilan semata-mata sebagai pajak terhadap sebuah barang, di mana barang di sini adalah pekerja dan harga adalah gaji. Hal utama dari pajak penghasilan adalah terciptanya sebuah irisan antara jumlah yang dibayarkan perusahaan dan yang diterima oleh karyawan.

Ketika pajak penghasilah ditetapkan, gaji yang diterima pekerja turun, sedangkan gaji yang dibayarkan perusahaan naik. Pada akhirnya, pekerja dan perusahaan berbagi beban pajak, kurang lebih seperti yang di inginkan oleh pembuat kebijakan. Namun, pembagian beban pajak antara pekerja dan perusahaan tidak ada hubungannya dengan pembagian sesuai peraturan. Pembagian tidak harus sama rata dan hasil yang sama akan muncul jika pajak seluruhnya dibebankan kepada pekerja atau seluruhnya dibebankan kepada perusahaan.

Contoh ini menunjukkan bahwa pelajaran paling mendasar dari pembagian beban pajak seringkali tidak diperhatikan dalam diskusi publik. pembuat peraturan dapat memutuskan apakah pajak diambil dari kantong penjual, namun mereka tidak dapat menetapkan peraturan untuk beban sebenarnya dari pajak. hal ini karena beban pajak tergantung pada kekuatan penawaran dan permintaan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Siapa yang menanggung beban pajak penghasilan? Perusahaan atau karyawan?

Ads336x280