Buah apel ternyata dapat menurunkan berat badan

Advertisement
Buah apel ternyata dapat menurunkan berat badan
Buah apel
Apel yang mempunyai nama latin "mallus domestica" ternyata salah satu jenis buah-buahan yang dapat menurunkan berat badan. Alasannya, karena buah apel mempunyai komponen yang tidak bisa dicerna oleh saluran pencernaan. Komponen tersebut merupakan serat dan polifenol yang belum tercerna sehingga mengakibatkan kedua komponen tersebut mengalami fermentasi di dalam usus.


Serat dan polifenol yang belum tercerna sangat berperan penting dan membantu dalam pertumbuhan bakteri yang bersifat baik dan menekan bakteri yang bersifat jahat yang biasanya terdapat pada makanan instan atau makanan cepat saji.

Dengan adanya pertumbuhan dan perkembangan bakteri yang bersifat baik tersebut di dalam saluran pencernaan, maka akan sangat membantu tubuh untuk mengurangi peradangan kronis, menurunkan resiko obesitas, dan juga membantu meningkatkan perasaan kenyang. Hal tersebut merupakan faktor-faktor yang dapat menyebabkan berat badan menurun.

Seperti yang dilansir dari laman postingan instagram indozonehealth disebutkan bahwa orang-orang obesitas memiliki kondisi bakteri usus yang tidak seimbang. Dengan mengubah kondisi bakteri di usus lewat makanan, bisa membantu mencegah kenaikan berat badan.

Jenis apel yang bagus dikonsumsi untuk menurunkan berat badan adalah jenis apel Granny Smiths. Alasannya karena buah apel jenis Granny Smiths mengandung banyak sekali serat dan polifenol yang sangat tinggi. Bagaimana dengan jenis buah apel yang lainnya? Tidak perlu dikhawatirkan, karena semua jenis buah apel sama-sama memiliki manfaat yang baik untuk menurunkan berat badan.

Dengan cara mengkonsumsi buah apel setiap hari, maka berat badan anda akan menurun dan membuat tubuh anda selalu sehat dan bugar. 

Banyak sekali gizi yang dikandung oleh buah apel. Sehingga pribahasa menyebutkan "An apple a day, keeps your doctor away"

Apakah makanan dari buah apel dan keripik apel juga dapat menurunkan berat badan?

Jawabannya tentu saja tidak. Alasan kenapa kedua jenis makanan berbahan apel tersebut tidak dapat menurunkan berat badan karena makanan berbahan apel dihasilkan setelah melalui proses seperti memasak. Dan memasak merupakan salah satu penyebab kandungan komponen polifenol yang ada di dalam buah apel menjadi rusak. Dengan rusaknya polifenol tersebut, maka bakteri baik tidak dapat dihasilkan di dalam saluran pencernaan.

Selain bermanfaat untuk menurunkan berat badan, buah apel juga mempunyai kelebihan yang lain di dunia kesehatan. Kelebihan tersebut antara lain : Apel dapat menurunkan risiko stroke, diabetes, kolesterol tinggi dan penyakit kardiovaskulas.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Buah apel ternyata dapat menurunkan berat badan

Ads336x280