Apakah Mercusuar Merupakan Barang Publik atau swasta

Apakah Mercusuar Merupakan Barang Publik atau milik swasta
Mercusuar
Sebagian barang barang dapat berubah dari barang publik menjadi barang swasta dan sebaliknya, Bergantung pada situasi, sebagai contoh, pertunjukan kembang api merupakan barang publik jika diadakan di kota berpenduduk banyak. Akan tetapi, jika diadakan di taman hiburan swasta, seperti Disney World, pertunjukan kembang api lebih merupakan barang swasta karena pengunjung taman hiburan membayar tiket masuk.

Contoh lainnya adalah mecusuar, kalangan ekonom telah lama menggunakan mercusuar sebagai contoh barang publik. Mercusuar digunakan untuk menandai lokasi tertentu sehingga kapal yang lewat dapat menghindari perairan berbahaya. Manfaat yang diberikan mercusuar kepada kapten kapal tidak ekskludabel dan tidak juga rival, sehingga setiap kapten memiliki keinginan untuk menjadi penumpang gratis dengan menggunakan mercusuar untuk navigasi tanpa harus membayar. Karena masalah penumpang gratis ini, pasar swasta biasanya gagal menyediakan mercusuar yang diperlukan para kapten kapal. Akibatnya, sebagian besar mercusuar dewasa ini dioperasikan oleh pemerintah.

Namun pada beberapa kasus, mercusuar lebih dekat pada barang swasta. Di pantai Inggris pada abad ke-19, beberapa mercusuar dimiliki dan dioperasikan secara pribadi. paara pemilik mercusuar tersebut tidak menarik biaya dari para kapten kapal, tetapi menarik biaya dari pemilik pelabuhan terdekat. Jika pemilik pelabuhan tidak membayar, pemilik mecusuar mematikan lampunya dan kapal-kapal pun menghindari pelabuhan tersebut.

Dalam menentukan apakah suatu barang merupakan barang publik, kita harus menentukan jumlah penerima manfaatnya dan apakah para penerima manfaat ini ekskludable dari penggunaan barang tersebut. Masalah penumpang gratis muncul apabila penerima manfaat berjumlah banyak dan mustahil mengecualikan salah seorang dari mereka. Jika sebuah mercusuar menguntungkan banyak kapten kapal maka mercusuar itu merupakan barang publik. Namun Jika menguntungkan pemilik tunggal pelabuhan maka mercusuar itu lebih merupakan barang swasta.
Facebook Comments