Sepuluh prinsip ekonomi menurut N. Gregory Mankiw

Advertisement
Pada kesempatan kali ini kita akan membahas prinsip-prinsip ekonomi. Namun, sebelum kita membahas terlebih jauh tentang prinsip ekonomi, tahukah anda apa itu prinsip ekonomi? Bagi anda yang pernah menduduki kelas IPS ketika SMA pasti sudah mengetahui apa itu prinsip ekonomi. Namun tetap saja ada yang masih kurang paham dengan prinsip ekonomi seperti anak IPA.

Apa itu prinsip ekonomi ?

Ya, prinsip ekonomi ialah dengan pengorbanan sekecil kecilnya  untuk mendapatkan atau memperoleh hasil yang tertentu dan dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh hasil yang sebesar besarnya.

Namun, apakah itu saja prinsip ekonomi?? Tentu saja tidak.

Prinsip ekonomi di atas merupakan hanyalah sedikit gambaran tentang prinsip ekonomi yang lainnya. Pada buku karangan N. Gregory Mankiw menjelaskan bahwa prinsip ekonomi itu ada 10.
Sepuluh prinsip ekonomi menurut buku karangan N. Gregory Mankiw

Jadi, dapat kita ambil kesimpulan bahwa, prinsip ekonomi dengan pengorbanan sekecilnya untuk memperoleh keuntungan tertentu dan dengan pengorbanan tertentu untuk memperoleh keuntungan sebesarnya ialah hanya gambaran kecil dari keseluruhan 10 prinsip ekonomi yang lainnya.

Kesepuluh prinsip ekonomi tersebut terbagi atas tiga golongan, apa saja?

  1. Golongan yang pertama ialah bagaimana manusia mengambil keputusan. Pada golongan ini terdapat empat prinsip ekonomi.
  2. Golongan yang kedua ialah Bagaimana orang-orang berinteraksi. Pada golongan ini terdapat tiga prinsip ekonomi.
  3. Golongan yang ke tiga ialah Bagaimana perekonomian secara utuh bekerja. Pada golongan ini terdapat tiga prinsip ekonomi.

Untuk memudahkan anda mengigat ke sepuluh prinsip tersebut. Ingat saja ada tiga golongan prinsip ekonomi dengan formasi 4-3-3. Ya, sekali lagi 4-3-3.

4 prinsip pada prinsip bagaimana manusia mengambil keputusan

1. Masyarakat selalu melakukan atau menghadapi trade off

Hidup ini memang tidak semudah kata kata motivator, namun kita tidak diajarkan untuk menyerah begitu saja. tentunya kita harus berusaha untuk menggapai sesuatu. memang benar "there's no such thing as free lunch"  tidak ada yang gratis di dunia ini. tentu saja kita harus mengorbankan sesuatu kepentingan untuk sesuatu kepentingan yang lain yang dikenal dengan kata Trade off

sebagai contoh : ketika kita ingin mendapatkan sebungkus nasi untuk makan. Maka untuk memperoleh nasi bungkus tersebut, kita harus mengeluarkan uang. padahal uang tersebut sudah kita rencanakan untuk membeli pulsa hp. maka di situlah terjadi pergantian antara satu kepentingan dengan kepentingan yang lainnya ( trade off ).

2. Biaya merupakan hal yang harus dikorbankan

biaya merupakan suatu yang sangat berharga dan biaya merupakan hal yang selalu dikorbankan untuk mendapatkan sesuatu. hal ini tentu saja sangat berkaitan degan prinsip yang pertama. Misalkan kita ingin membeli sebuah handphone baru. maka kita harus rela mengeluarkan uang sedemikian banyak untuk mendapatkan handphone tersebut. 

contoh lain ialah, ketika seorang pelajar telah menamatkan study nya di bangku SMA dan ingin melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi. Dan di sisi lain dia juga mendaptkan tawaran untuk bekerja di sebuah perusahaan dengan gaji yang sedemikian ( diasumsikan 1.000.000/bulan). Namun, dengan rasa percaya diri ia pun memutuskan untuk melanjutkan kuliah nya. Disaat ia memutuskan untuk melanjutkan kuliahnya, maka ia telah mengorbankan biaya gaji sebesar 1.000.000 rupiah/bulan. pengorbanan biaya ini disebut biaya peluang (opportunity cost).

Pengorbanan biaya untuk melanjutkan ke universitas tentu saja untuk membayar uang bulanan nya saja. namun ia juga harus mengorbankan biaya untuk hidup nya dan berbagai macam biaya yang lainnya.

3. Orang yang rasional berfikir dengan konsep marginal

orang akan berfikir secara rasional untuk menempuh hidup yang begitu susah ini. Dan pola pikirnya masih dalam batas kewajaran dengan mempertimbangkan keuntungan dan kerugiannya. contohnya, orang yang sudah mempunyai gelar sarjana, tidak mau melamar kerja terlebih dahulu. Namun ia berkeinginan untuk melanjutkan study nya ke jenjang selanjutnya yaitu S2. Keinginannya tersebut telah difikirkan terlebih dahulu oleh si pelaku dengan mempertimbangkan keuntungan dan kerugian dari pilihan tersebut.

4. orang akan tanggap terhadap insentif

apa itu tanggap insentif? rasa kepekaan terhadap apa yang terjadi. contohnya? misalkan, si budi adalah karyawan perusahaan A ia bekerja dengan santai saja setiap hari. Namun, ketika penghasilannya dinaikkan ataupun gajinya dinaikkan, maka dia akan bekerja lebih. Dalam artian, dia tidak santai santai lagi.

3 prinsip bagaimana orang berinteraksi

5. Perdagangan menguntungkan semua orang

perdagangan merupakan proses jual beli barang ataupun jasa yang di dalamnya terdapat transaksi antara produsen dengan konsumen. kenapa bisa menguntungkan semua orang? misalkan, diasumsikan ada 3 orang, si Budi, dimas dan dani. si budi mampu menghasilkan produk A. si dimas mampu menghasilkan produk B. dan si dani mampu menghasilkan produk C. dan antara mereka bertiga tidak bisa memproduksi / menghasilkan produk yang sama. Walaupun bisa, akan membutuhkan waktu yang sangat lama untuk memproduksikan nya. Maka akan terjadi transaksi jual beli antara satu dengan yang lainnya yang dapat menguntungkan mereka bertiga. Mereka mendapatkan keuntungan karena dapat menghemat waktu untuk memproduksi barang yang tidak bisa diproduksi sendiri.

6. Pasar biasanya ialah tempat yang baik untuk mengatur kegiatan  perekonomian

Pasar akan menjadi tempat interaksi antara rumah tangga dengan perusahaan. di sini terjadi perubahan pengambilan keputusan yang terpusat digantikan dengan keputusan dari jutaan perusahaan dan rumah tangga dan perusahaan. Perusahaan akan menentukan barang apa yang akan diproduksi dan siapa saja yang akan dipekerjakan. Rumah tangga juga akan menentukan di perusahaan mana ia akan bekerja dan barang apa yang akan dibeli dengan penghasilannya.

Harga dan kepentingan pribadi ialah hal yang mempengaruhi interaksi antara rumah tangga dengan perusahaan. sehingga harga disebut juga invisible hand yang mengatur semua kegiatan perekonomian di pasar. Perubahan harga sangat mempengaruhi akan terjadinya interaksi antara rumah tangga dengan perusahaan.

7. Pemerintah terkadang mampu memperbaiki hasil akhir mekanisme pasar

ketika terjadinya kasus krisis perekonomian, terkadang sebuah perusahaan akan mengalami kebangkrutan. Disini pemerintah akan turun tangan untuk membantu perusahaan tersebut dengan cara buyout atau membeli perusahaan tersebut untuk diambil alih oleh pemerintah.Namun, hal ini tidak selalu harus dilakukan oleh pemerintah.

3 prinsip bagaimana perekonomian secara utuh bekerja

8. Standar hidup suatu negara sangat dipengaruhi oleh kemampuannya menghasilkan barang dan jasa.

Hubungan dasar antara produktivitas dan standar hidup sangat sederhana, Namun, implikasinya sangat luas. Jika suatu negara mampu menghasilkan pekerjanya mampu menghasilkan barang dan jasa dalam jumlah yang banyak per satuan waktu, maka penghasilan perkapita dan pendapatan rata rata negara akan meningkat, sehingga kualitas hidup akan menjadi lebih baik. Namun jika suatu negara tidak mempunyai pekerja yang produktif maka pendapatan dan pertumbuhan ekonomi suatu negara tidak baik dan dapat dikategorikan sebagai negara miskin. Hal ini juga akan berpengaruh tehadap standar hidup yang tidak layak pada penduduknya. Amerika serikat memiliki pekerja pekerja yang sangat produktif sehingga standar hidup mereka sangat baik.

9. Harga-harga akan naik jika pemerintah mencetak uang terlalu banyak.

Pencetakan uang yang sangat banyak oleh suatu negara, dapat berakibat nilai uang tersebut menurun. sehingga harga barang barang akan melambung naik. Jika jumlah uang yang beredar naik 3 kali lipat, maka harga barang barang juga akan naik sebesar 3 kali lipat. Sebagaimana, jika suatu negara-dengan alasan miskin-mencetak uang sebanyak banyaknya dengan tujuan memperkaya, justru yang terjadi sebaliknya. karena ketika jumlah uang yang beredar terlalu banyak, maka inflasi pun akan terjadi. Akibatnya, meski uang dicetak secara terus menerus, uang itu tidak bisa disebut sebagai kekayaan. karena nilainya terus merosot turun.

10. Masyarakat mengahadapi masalah trade off jangka pendek antara inflasi dan pengangguran.

Jika jumlah uang banyak beredar, maka akan terjadi inflasi, dimana harga barang-barang semakin naik. Tetapi dengan terjadinya inflasi ini, akan berdampak kepada tingkat pengangguran yang akan menurun. Namun, masyarakat akan menghadapi trade off jangka pendek antara inflasi dan pengangguran. Kejadian ini dapat digambarkan dengan kurva philips. Dalam hal ini, pembuat kebijakan sangat mempengaruhi terhadap terjadinya trade off jangka pendek antara inflasi dan pengangguran.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Sepuluh prinsip ekonomi menurut N. Gregory Mankiw

Ads336x280