Pengertian, Macam-macam, serta contoh kebutuhan dalam perekonomian

Pengertian Kebutuhan

Kebutuhan merupakan Salah satu aspek psikologis yang mendorong makhluk hidup dalam aktivitas aktivitasnya dan menjadi alasan ataupun dasar bagi setiap individu untuk berusaha dan menjadi tujuan dasar manusia bekerja yaitu untuk memenuhi kebutuhan. Setiap makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya mempunyai kebutuhan yang berbeda beda. Hal ini akan berpengaruh terhadap tujaun yang satu dengan yang lainnya juga berbeda beda. Terkadang, untuk memperoleh kebutuhan tersebut, makhluk hidup harus bersaing dengan makhluk hidup yang lainnya. dan juga, harus mengorbankan sesuatu hal untuk memperoleh tujuan tersebut. Makanya, sering terjadi pertengkaran antar sesama karena ketidak puasan satu pihak untuk memperoleh kebutuhannya tersebut.
Dalam ilmu ekonomi, kebutuhan terbagi atas berbagai macam. Mulai dari Kebutuhan berdasarkan intensitas, kebutuhan berdasarkan waktu, Serta kebutuhan berdasarkan sifatnya. kemudian dari beberapa kebutuhan tersebut terdiri dari beberapa macam kebutuhan lainnya yang akan dijelaskan sebagai berikut.

Mari kita simak pembahasan berbagai macam kebutuhan dalam perekonomian.

Macam-macam Kebutuhan beserta contohnya.

1. Kebutuhan berdasarkan intensitas.

kebutuhan berdasarkan intensitas merupakan kebutuhan berdasarkan tingkat kebutuhan yang dibutuhkan. Apabila tahap dari satu kebutuhan yang lebih dibutuhkan tidak terpenuhi, maka sebaiknya tahap kebutuhan yang selanjutnya jangan dipenuhi terlebih dahulu. Berikut ini macam-macam kebutuhan berdasarkan intensitas.

a). Kebutuhan Primer
kebutuhan primer merupakan kebutuhan tingkat pertama yang harus dipenuhi. apabila kebutuhan ini tidak terpenuhi, maka kelangsungan hidup anda pasti akan terganggu. dan sebaiknya, jangan memenuhi kebutuhan selanjutnya jika kebutuhan primer tidak terpenuhi.

Contoh dari kebutuhan primer ialah : Makan, Pakaian, Rumah dan lain lain.

b) Kebutuhan Sekunder
Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan yang terpenuhi apabila kebutuhan yang primer sudah terpenuhi. dan ini tidak bersifat harus di penuhi. Namun terkadang harus dipenuhi demi menjaga agar tidak ketinggalan zaman. 

Contoh dari kebutuhan sekunder ialah : Televisi, Handphone, dan lain lain.

c). Kebutuhan Tersier.
Kebutuhan tersier merupakan kebutuhan yang sama sekali tidak harus terpenuhi. namun, kebutuhan ini bisa anda penuhi apabila anda sudah memiliki penghasilan yang lebih besar daripada pendapatan. Kebutuhan tersier biasanya kebutuhan untuk mendapatkan barang-barang yang mewah.

Contoh dari kebutuhan tersier ialah : Mobil, Apartemen dan lain lain.

2. Kebutuhan berdasarkan Waktu. 

Pengertian, Macam-macam, serta contoh kebutuhan dalam perekonomian Pengertian, Macam-macam, serta contoh kebutuhan dalam perekonomian, pengertian kebutuhan, macam-macam dari kebutuhan, contoh dari kebutuhan primer, sekunder, tersier, manfaan kebutuhan, aspek kebutuhan
kebutuhan manusia yang tidak terbatas
Kebutuhan berdasarkan waktu merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi berdasarkan jangka waktu tertentu. Bisa saja kebutuhan tersebut harus terpenuhi sekarang maupun masa yang akan mendatang.
a). Kebutuhan Sekarang
Kebutuhan yang harus terpenuhi sekarang merupakan kebutuhan yang tidak bisa di tunda lagi dan harus dipenuhi sekarang juga. biasanya kebutuhan ini bersifat darurat.

Contoh dari kebutuhan sekarang ialah : Minum obat ketika sakit dan makan ketika lapar.

b). Kebutuhan yang akan datang.
Kebutuhan yang akan mendatang merupakan kebutuhan yang tidak harus terpenuhi sekarang juga, namun harus ada persiapan dari sekarang.

Contoh kebutuhan masa yang akan datang ialah : Menabung dan lain lain.

3. Kebutuhan berdasarkan Sifat.

kebutuhan berdasarkan sifatnya merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi untuk keperluan jasmani dan rohani.
a). Kebutuhan Jasmani.
Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi untuk kebutuhan jasmani pribadi masing masing. 

Contoh dari kebutuhan jasmani ialah: Olahraga, dan lain lain

b). kebutuhan Rohani.
Kebutuhan jasmani merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi untuk kebutuhan Rohani atau spiritual pribadi masing masing. 

Contoh dari kebutuhan Rohani ialah : Pendidikan, Beribadah, dan lain lain.

3. Kebutuhan berdasarkan Subjek.

Kebutuhan berdasarkan subjeknya merupakan kebutuhan yang dibutuhkan berdasarkan siapa pelakunya. Ada dua kebutuhan berdasarkan subjeknya yaitu kebutuhan individu dan kebutuhan sosial.

a). kebutuhan Individu.
kebutuhan individu merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh hanya satu orang individu.

Contoh dari kebutuhan individu ialah : Pakaian, Obat, dan lain lain.

b). kebutuhan Sosial.
Kebutuhan sosial merupakan kebutuhan yang harus dipenuhi oleh masyarakat banyak.

Contoh dari kebutuhan sosial ialah : Tempat ibadah, Jalan raya dan lain lain.
  
Demikian penjelasan dari Pengertian, Macam-macam, serta contoh kebutuhan dalam perekonomian yang telah kami sajikan untuk anda.
Facebook Comments