Pengertian, Contoh, serta faktor-faktor yang mempengaruhi Permintaan

Pengertian permintaan.

Disetiap penawaran di situ pasti ada penawaran. Pada kesempatan kali ini akan kita bahas tentang pengertian permintaan terlebih dahulu sebelum membahas penawaran dan harga keseimbangan.

Permintaan adalah sejumlah barang atau jasa yang di minta atau yang ingin dibeli oleh konsumen pada berbagai macam tingkat harga selama periode waktu tertentu.

Hukum permintaan adalah "Semakin rendah harga suatu barang maka semakin banyak permintaan barang tersebut, sebaliknya semakin tinggi harga suatu barang maka semakin rendah permintaan terhadap barang tersebut"

Catatan : Hukum permintaan di atas berlaku jika ada cateris paribus ( keadaan yang lain tetap ) baca disini

Penggolongan permintaan : Permintaan digolongkan ke dalam beberapa golongan

1. Permintaan efektifl, adalah permintaan yang disertai daya beli terhadap barang atau jasa dan di realisasikan dengan pembelian barang atau jasa tersebut. 

Contoh kasus dari permintaan efektif ialah sebagai berikut : Pak budi merupakan seorang yang dianggap mempunyai penghasilan yang tinggi. Ia datang ke pasar untuk membeli Tv baru. kemudian setelah adanya kesepakatan antara pak budi dengan penjual, maka pak budi membeli barang tersebut.

2. Permintaan Absolut, adalah permintaan yang tidak disertai daya beli terhadap suatu barang ataupun jasa.

Contoh kasus dari permintaan Absolut ialah sebagai berikut : si ani pergi ke pasar untuk membeli sepatu yang baru dikarenakan sepatu yang lama sudah rusak. Namun, sesampainya di pasar harga sepatu terlalu mahal sehingga ani tidak jadi membeli sepatu tersebut. dan mencari sepatu dengan harga yang lebih murah.

3. permintaan Potensial, adalah permintaan yang disertai daya beli terhadap barang atau jasa tersebut namun belum di realisasikan untuk membeli bararng ataupun jasa tersebut.

Contoh kasus dari permintaan potensial ialah sebagai berikut : Si Meilisa ingin sudah menabung dari 3 tahun silam. dan direncanakan akan membeli hp yang baru. Ketika ia pergi ke pasar meilisa telah menemukan hp baru yang cocok untuk dirinya. Namun, belum terjadinya kesepakatan antara si meilisa dengan si penjual untuk membeli hp tersebut.

Setelah kita membahas apa itu pengertian dari permintaan dan penggolongan dari permintaan, sekarang kita menuju ke Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi permintaan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan

Pengertian, Contoh, serta faktor-faktor yang mempengaruhi Permintaan
Permintaan barang pokok di pasar

Banyak sekali faktor yang mempengaruhi permintaan. antara lain:

1. Harga barang itu sendiri.
Harga barang itu sendiri sangat mempengaruhi terhadap permintaan suatu barang. Sebagaimana hukum permintaan, Jika harga barang atau jasa itu naik, maka permintaan akan menurun dan sebaliknya, jika harga barang atau jasa itu turun, maka  permintaan terhadap barang tersebut akan naik.

2. Jumlah penduduk.
Jumlah penduduk menjadi salah satu faktor yang memengaruhi permintaan. Jika jumlah penduduk di suatu target pasar naik, maka barang ataupun jasa yang dibutuhkan akan meningkat dan sebaliknya, jika jumlah suatu penduduk di suatu target pasar itu berkurang, maka permintaan terhadap barang atau jasa tersebut juga akan menurun

3. Selera
Selera merupakan faktor yang memengaruhi permintaan. Terkadang selera antara satu konsumen dengan konsumen yang lain berbeda. jadi di situ akan terjadi naik turunnya jumlah permintaan terhadap suatu barang. Jika selera terhadap barang ataupun jasa tersebut banyak, maka permintaan terhadap barang tersebut akan naik. Sebaliknya, jika selera trhadap barang ataupun jasa tersebut menurun, Maka permintaan terhadap suatu barang ataupun jasa juga akan menurun.

4. Barang lain ( barang subtitusi)
Keadaan barang lain sangat berpengaruh terhadap permintaan. Salah satunya ialah barang subtitusi. Jika harga barang subtitusi lebih rendah daripada barang primer, maka permintaan terhadap barag primer akan menurun. Dan juga sebaliknya, jika harga barang subtitusi lebih mahal daripada harga barang primer, permintaan terhadap barang primer akan meningkat dan permintaan terhadap barang subtitusi akan menurun.

5. Barang lain (barang komplement) 
Barang komplement juga sangat berpengaruh terhadap permintaan. contohnya saja komplement air teh, yaitu gula. Jika harga barang komplement naik maka harga barang primer juga akan mengalami kenaikan, dan sebaliknya jika harga barang komplement rendah, maka harga barang primer juga akan menurun.

Fungsi permintaan : Dalam Permintaan juga dikenal dengan fungsi permintaa. Apa itu fungsi permintaan?

fungsi permintaan.

Qd = a-bP

keterangan :

Qd         : Jumlah permintaan
a dan b  : Konstanta dimana b bernilai negatif
P            : Harga barang per unit
This Is The Oldest Page
Facebook Comments
This Is The Oldest Page