Pengertian dan Perbedaan ekonomi makro dengan ekonomi mikro serta keterkaitan antara keduanya

Advertisement
Pengertian dan Perbedaan ekonomi makro dengan ekonomi mikro serta keterkaitan antara keduanya - Dalam mempelajari ilmu ekonomi pastinya kita pernah mendengar yang namanya ekonomi mikro dan ekonomi makro. Namun, sebagian orang sulit membedakannya. berikut pengertian, perbedaan, dan keterkaitan antara ekonomi makro dan ekonomi mikro.
pengertian dan Perbedaan ekonomi makro dengan ekonomi mikro serta keterkaitan antara keduanya ekonomi makro vs ekonomi mikro, perbedaan ekonomi makro dengan ekonomi mikro, apa saja perbedaan antara ekonomi makro dengan ekonomi mikro? inilah pengertian ekonomi makro dan ekonomi mikro. serta perbedaan antara ekonomi makro dengan ekonomi mikro. Pengertian dan Perbedaan ekonomi makro dengan ekonomi mikro serta keterkaitan antara keduanya
PENGERTIAN DAN ASPEK ANALISIS EKONOMI MAKRO DAN EKONOMI MIKRO
Ekonomi makro merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari kegiatan perekonomian secara keseluruhan dan berkaitan dengan masalah ekonomi publik (negara). Ekonomi makro menjelaskan tentang perubahan ekonomi yang mempengaruhi banyak masyarakat, perusahaan dan pasar.
Aspek analisis ekonomi makro antara lain:
  1. Pendapatan Nasional
  2. Investasi
  3. Kesempatan Kerja
  4. Inflasi
  5. Neraca Pembayaran
sedangkan ekonomi Mikro merupakan ilmu ekonomi yang mempelajari kegiatan perokonomian hanya pada bagian kecil saja. Ekonomi Mikro menjelaskan hanya pada bagian kecil kegiatan ekonomi seperti perilaku konsumen dan perusahaan serta penentuan harga-harga pasar dan kuantitas faktor input barang dan jasa yang diperjual belikan.
Aspek analisis ekonomi Mikro antara lain:
  1. Analisis biaya dan manfaat
  2. Teori permintaan dan penawaran
  3. Elastisitas
  4. Model-Model pasar
  5. Industri
  6. Teori produksi
  7. Teori harga 
KETERKAITAN ANTARA EKONOMI MAKRO DAN EKONOMI MIKRO 
Ekonomi makro dan ekonomi mikro sangat berkaitan, karena perubahan ekonomi yang secara makro tentu saja merupakan hasil dari perubahan yang terjadi dalam ekonomi mikro.
PERBEDAAN ANTARA EKONOMI MAKRO DAN EKONOMI MIKRO
1. Dilihat Berdasarkan Harga
Ekonomi Mikro : Harga ialah nilai dari suatu komoditas ( barang tertentu saja )
Ekonomi Makro : Harga ialah nilai dari komoditas secara agregat ( keseluruhan )
2. Dilihat dari unit analisis
Ekonomi Mikro: Pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara individual. contohnya permintaan dan penawaran, perilaku konsumen, perilaku produsen, pasar, penerimaan, biaya dan laba atau rugi perusahaan.
Ekonomi Makro : pembahasan tentang kegiatan ekonomi secara keseluruhan.contohnya pendapatan nasional, pertumbuhan ekonomi, inflasi, pengangguran, investasi, dan kebijakan ekonomi.
3. Dilihat dari tujuan analisis
Ekonomi Mikro : Lebih memfokuskan kepada analisis tentang cara mengalokasikan sumber daya agar dapat dicapai kombinasi yang tepat.
Ekonomi Makro : Lebih memfokuskan analisis tentang pengaruh kegiatan ekonomi terhadap perekonomian secara keseluruhan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengertian dan Perbedaan ekonomi makro dengan ekonomi mikro serta keterkaitan antara keduanya