Prinsip ekonomi ke 8, 9, 10 Bagaimana Perekonomian Bekerja Secara Utuh

Penjelasan Prinsip Ekonomi ke- 8, 9 dan 10 Bagaimana perekonomian secara utuh bekerja - Pada kali ini membahas bagaimana seseorang membuat keputusan dan kemudian melihat bagaimana orang berinteraksi satu dengan yang lain. Semua keputusan dan interaksi ini membuat sebuah "Perekonomian". Tiga prinsip terakhir berkaitan dengan bagaimana suatu perekonomian bekerja.


Prinsip Ekonomi Ke-8 : Standar Hidup Suatu Negara Bergantung Kepada Kemampuannya Menghasilkan Barang Dan Jasa


Hubungan dasar antara produktivitas dan standar hidup sangat sederhana. Namun, implikasinya sangat luas. Jika suatu negara pekerjanya mampu menghasilkan barang dan jasa dalam jumlah yang banyak per satuan waktu, maka penghasilan perkapita dan pendapatan rata-rata negara akan meningkat, sehingga kualitas hidup menjadi lebih baik. Namun, jika suatu negara tidak mempunyai pekerja yang produktif, maka pendapatan dan pertumbuhan ekonomi suatu negara tidak baik dan dapat dikategorikan sebagai negara miskin. Hal ini juga akan berpengaruh terhadap standar hidup yang tidak layak terhadap rakyatnya.


Prinsip Ekonomi Ke-9 : Harga-Harga Naik Ketika Pemerintah Mencetak Uang Terlalu Banyak

Prinsip ekonomi ke 8, 9, 10 Bagaimana Perekonomian Bekerja Secara Utuh

Pencetakan uang yang sangat banyak oleh suatu negara, dapat berakibat nilai uang tersebut menurun. sehingga harga barang-barang akan melambung naik. Jika jumlah uang yang beredar naik 3 kali lipat, Maka harga barang juga akan naik sebesar 3 kali lipat. sebagaimana, jika suatu negara - dengan alasan miskin - mencetak uang sebanyak banyaknya dengan tujuan memperkaya, justru yang terjadi sebaliknya. karena ketika uangnya beredar terlalu banyak, maka inflasi pun akan terjadi. Akibatnya, meski uang dicetak secara terus menerus, uang itu tidak bisa disebut kekayaan, karena nilainya terus merosot turun.


Prinsip Ekonomi Ke-10 : Masyarakat Menghadapi Masalah Tradeoff Antara Inflasi Dan Pengangguran


Jika uang banyak beredar, maka akan terjadi inflasi, dimana harga barang-barang semakin naik. Tetapi, dengan terjadinya inflasi ini, akan berdampak terhadap tingkat pengangguran yang akan menurun. Namun, masyarakat akan menghadapi Trade Off jangka pendek Antara inflasi dan pengangguran. Kejadian ini dapat digambarkan dengan kurva philips. Dalam hal ini, pembuat kebijakan sangat memengaruhi terhadap terjadinya trade off antara inflasi dan pengangguran.
Jadi, dari ketiga prinsip ekonomi diatas dapat disimpulkan bahwa, "Hal hal mendasar mengenai perekonomian secara keseluruhan adalah bahwa produktivitas merupakan sumber yang utama dari standar hidup, bahwa pertumbuhan jumlah uang adalah penyebab utama inflasi, dan bahwa masyarakat selalu berhadapan dengan trade off jangka pendek antara inflasi dan pengangguran"
 
Back To Top