Bagian-bagian bunga dan fungsinya

Bisakah anda sebutkan bagian-bagian bunga beserta fungsinya? Bunga merupakan bagian dari tumbuhan yang sangat indah untuk dipandang. Bagian tumbuhan ini memiliki struktur dan fungsinya tersendiri. Berikut ini penjelasan bagian-bagian bunga serta fungsi bagian bunga.

fungsi dasar bunga

Dasar bunga berfungsi sebagai tempat melekatnya mahkota bunga. Mahkota bunga adalah salah satu daripada perhiasan bunga (perianthium). Mahkota bunga atau corolla mudah dikenali karena memiliki ukuran yang lebih besar dan memiliki warna yang mencolok dan menarik sehingga mengundang serangga penyerbukan. Jadi, mahkota bunga menempel erat pada bagian dasar bunga.

fungsi putik pada bunga

Bagian betina dari bunga disebut putik. Putik adalah bagian dari ginesium bunga yang menghasilkan ovula sehingga dapat memproduksi bakal biji dan buah. Dapat disimpulkan bahwa fungsi dasar putik adalah alat kelamin dari bunga. Putik yang terdiri dari hanya satu karpel disebut putik sederhana sedangkan Putik yang terdiri dari dua atau lebih karpel disebut putik majemuk. Bagian bagian putik terdiri dari ovarium, tangkai dan stigma. Berikut ini bagian dan fungsi putik pada bunga.

fungsi kepala putik

Fungsi kepada putik adalah melakukan penyerbukan ke bunga yang lain.

fungsi tangkai putik

tangkai putik berfungsi untuk menyangga kepala putih. Tangkai putik juga merupakan bagian putik yang panjang , yang agak sempit dan letaknya di atas bakal buah.

fungsi putik brainly

Berikut ini kutipan fungsi putik dari brainly:
Fungsi putik adalah sebagai alat kelamin betina yang akan dilakukan penyerbukan oleh alat kelamin jantan yaitu benang sari.

fungsi bakal buah dan bakal biji


fungsi bakal buah pada bunga

Bakal buah berfungsi sebagai tempat pertemuan bakal biji (yang berisi sel telur) yang dibuahi serbuk sari (yang berisi sperma) melalui proses penyerbukan, yang kemudian bakal buah akan menjadi buahnya dan bakal buah akan menjadi bijinya. Jadi, fungsi bakal buah adalah untuk proses pembuahan yang terjadi pada bunga.

fungsi bakal biji pada bunga

Struktur bakal biji pada bunga berfungsi untuk melindungi dan menjaga tempat bersemayamnya sel telur atau ovum. Setelah dibuahi bakal biji akan berkembang menjadi biji.

fungsi kepala sari pada bunga

Kepala sari merupakan struktur pada bunga yang berfungsi sebagai alat kelamin jantan pada bunga dan akan menyerbuki ke kepala putik (betina).

fungsi benang sari

Bagian jantan pada bunga disebut benang sari. Benang sari merupakan bagian reproduksi jantan pada bunga. Fungsi benang sari adalah memproduksi serbuk sari sebagai rumah gamet jantan yang diperlukan bunga untuk reproduksi. Bentuk, ukuran, dan struktur benang sari berbeda beda berdasarkan jenis bunga yang mereka hasilkan.

fungsi serbuk sari

Fungsi serbuk sari adalah sebagai alat/organ reproduksi yang melakukan penyebaran dan perbanyakan generative dari tumbuhan berbunga untuk membuahi organ reproduksi si betina (putik). Serbuk sari merupakan modifikasi dari sel sperma.  Jika serbuk sari jatuh tepat pada kepala putik maka akan terjadi pembuahan.
bagian bagian bunga dan fungsinya

Bagian bunga manakah yang digunakan untuk reproduksi ?

untuk melakukan reproduksi tentunya memerlukan sel jantan dan betina. Bunga juga memiliki jantan dan betina yaitu jantan (benang sari) dan betina (putik) yang digunakan untuk reproduksi.

Bagian bagian bunga sepatu

bunga sepatu mimiliki bagian-bagian bunga atau struktur bunga yang lengkap sehingga bunga sepatu dapat dikategorikan ke dalam jenis bunga lengkap. Bagian bagian bunga sepatu antara lain : mahkota, kelopak, kepala putik, putik dan benang sari. Bunga sepatu juga memiliki 2 alat kelamin jantan (benang sari) dan betina (putik) dalam satu  bunga sehingga dapat digongkan ke dalam bunga sempurna.

fungsi bagian bunga sepatu

Berikut ini merupakan fungsi dari bagian bunga sepatu.

fungsi kepala sari pada bunga sepatu

Kepala sari pada bunga sepatu berfungsi untuk melakukan penyerbukan ke putik bunga sepatu sehingga terjadi pembuahan.

fungsi bakal biji pada bunga sepatu

Bakal biji pada bunga sepatu berfungsi sebagai tempat pertemuan bakal biji (berisi sel telur) yang dibuahi serbuk sari (berisi sel sperma) melalui proses penyerbukan.

fungsi tangkai putik pada bunga sepatu

fungsi tangkai putik pata bunga sepatu adalah sebagai penyangga kepala putik supaya tidak patah. dengan ada tangkai putik pada bunga sepatu, maka proses reproduksi akan berjalan dengan lancar.

bagian bagian bunga mawar
keping daun lembaga
 
Back To Top